Sabtu, 28 Maret 2015

GUNUNG BATU - JONGGOL

Sudah lama memang tidak melakukan pendakian, tapi ketika gabung di group Jejak Langkah Nusantara jadi semangat lagi. Meskipun semangat lagi tapi tetap memperhatikan usia dan stamina, paling tidak harus pemanasan dulu.  Setelah ngobrol-ngobrol dengan teman-teman yang ada di group ada yang cerita di Jonggol - Bogor ada yang namanya gunung Batu ketinggiannya cuma 875 mdpl.  Gak tahulah ini disebut gunung atau bukit, tapi setelah browsing lihat-lihat medannya lumayan juga.
Gunung Batu memang mulai populer terutama untuk anak-anak sekolah yang baru belajar mendaki gunung.  Setelah baca-baca untuk memperoleh rutenya menuju gunung batu akhirnya saya dan seorang temen berencana melakukan pendakian tanggal 28 Maret 2015.

Dari Bekasi kami berdua naik motor agar mudah mencari lokasi karena menurut informasi belum ada angkutan umum masuk ke sana.  Dari Tambun Bekasi kita meluncur melalui Setu yang nantinya tembus di taman buah Mekarsari - Cileungsih, selanjutnya menuju arah Jonggol tempat bapaknya wakwau... he... he... Dari Jonggol kita ambil jalan raya yang menuju Cianjur tapi jangan sampai Cianjur ya, cari aja yang namanya kampung Mengker, setelah masuk kampung Mengker nanti akan ketemu Indomart Sirna Galih sebelah kiri jalan yang kita pakai sebagai patokan.  Sebelah kanan atau seberang jalan ada jalan kecil yang merupakan jalan utama menuju Gunung Batu, ikuti aja terus jalan tersebut.
Dari situ sekitar 20 Km akhirnya kita sampai di lokasi, disitu sudah ada pintu gerbang, parkiran dan warung-warung.  Ongkos masuk masih murah dibanding gunung-gunung lain yang sudah masuk daftar Perhutani.  Kita berdua dan satu motor cuma dipungut Rp.10.000,-
Akhirnya tanpa buang-buang waktu kami terus masuk ke area pendakian, pemanasan kaki dulu jalan pelan-pelan.  Di tengah-tengah jalan setapak nanti ada panah yang menunjukan puncak gunung Batu, sepertinya gak bakalan tersesat areanya cuma kecil.  Disitu juga sudah tampak para pendaki muda yang kalau diperhatikan masih anak-anak sekolah SMP-SMA, yang sudah tua sepertinya cuma kita berdua.
Selepas tanda panah penunjuk puncak jalan setapak mulai nanjak dan ternyata memang menanjak terus sampai puncak, paling cuma datar di puncak bayangan, kerenkan meskipun pendek tapi ada juga puncak bayangannya.
Sudah lama gak gerak jadi ngos-ngosan di medan tanjakan.  Pelan-pelan makan mie dulu sambil ngopi yang ternyata sebelum puncak bayangan ada warung disitu.
Selesai makan dan istirahat kita mulai nanjak lagi, puncak utama sudah kelihatan di belakang puncak bayangan.  Lumayan juga jalur menuju puncak, tanjakan terjal dan kiri kanan langsung jurang.  Mulai terbiasa dengan medan yang ada pergerakan kami mulai lincah gak mau kalah ama anak-anak.  Cuaca memang lagi panas tetapi begitu kami sampai puncak ada awan lewat jadi matahari tertutup awan bikin adem.
Lumayan juga pemanasan untuk hari ini, gak begitu tinggi tapi madannya lupayan nanjak.  Pokoknya buat yang kangen ama gunung tapi gak mau jauh-jauh datang aja ke Gunung Batu, cocok buat pemanasan sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar